Abstrak |
Mulyo Kurniawan, NPM 10120280. “Penggunaan Model Pembelajaran Make
A Match terhadap hasil belajar tematik integratif Tema Makananku Sehat dan Bergizi
siswa kelas IV SD Negeri Sambiroto Kecamatan Gajah Kabupaten Demak”. Skripsi.
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan.
Universitas PGRI Semarang. 2014.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran yang terpusat pada guru dan
penyampaian pada kegiatan pembelajaran yang masih menggunanakan metode
ceramah sedangkan peserta didik cenderung lebih pasif dan belum berperan aktif
pada kegiatan belajar mengajar berlangsung sehingga aktivitas belajar peserta didik
rendah.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah dengan
menggunakan Model Pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar
tematik integratif Tema Makananku Sehat dan Bergizi siswa kelas IV SD Negeri
Sambiroto Kecamatan Gajah Kabupaten Demak. Tujuan yang hendak dicapai dalam
penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan menggunakan Model
Pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar tematik integratif
Tema Makananku Sehat dan Bergizi siswa kelas IV SD Negeri Sambiroto Kecamatan
Gajah Kabupaten Demak.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah
siswa kelas IVA dan siswa kelas IVB SD Negeri Sambiroto Kecamatan Gajah
Kabupaten Demak. Sampel yang diambil siswa dari kelas IVA sebagai kelas
eksperimen dan siswa kelas IVB sebagai kelas kontrol dengan teknik sampling
cluster random sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes, observasi
serta dokumentasi. Design penelitian ini menggunakan pretest-postes control group
design.
Berdasarkan data hasil penelitian diperoleh rata-rata kelompok eksperimen ̅
= 80,33 dan rata-rata kelompok kontrol ̅ = 72,8 dengan n1 = 30 n2 = 30 diperoleh
thitung = 3,24 Dengan α = 5% dengan dk = 30 + 30 – 2 = 58 diperoleh t(0,975) (58) = 2,02.
Karena thitung> ttabel yaitu (3,24 > 2,02) maka H0 ditolak sehingga ada perbedaan ratarata
hasil belajar tematik integratif tema makananku sehat dan bergizi siswa kelas IV
yang mendapat pembelajaran dengan dengan menggunakan pembelajaran model
make a match dengan siswa kelas IV yang mendapat pembelajaran dengan
menggunakan model konvensional. Oleh karena itu, dapat meningkatkan hasil
belajar siswa kelas IV SD N Sambiroto Kecamatan Gajah Kabupaten Demak.
Setelah melakukan penelitian ini, peneliti memberikan saran antara lain sebagai
berikut : guru sebaiknya dapat mengondisikan dan mengarahkan siswa ketika
pelaksanaan pembelajaran dengan metode make a match agar seluruh siswa dapat
berperan aktif dalam diskusi ketika mencari pasangan kartu soal dan jawaban dan
guru harus merancang program pembelajan dengan baik ketika pelaksanaan
pembelajaran dengan metode make a match agar pembelajaran tidak menyita banyak
waktu. |