Senin, 17 November 2014

PENGARUH STACK TERHADAP FREKUENSI RESONANSI DALAM TABUNG RESONATOR TERMOAKUSTIK RAMAH LINGKUNGAN

Klasifikasi
Penulis Affandi Faisal Kurniawan,S.Si,M.Sc; Choirul Huda,S.Si.,S.Pd.,M.Ed; Sigit Ristanto, ST., M.Sc.
Pembimbing
Abstrak Penelitian ini adalah salah satu tahap dalam upaya pengembangan pendingin berbasis termoakustik. Kelebihan dari pendingin termoakustik dibanding pendingin yang sudah ada yaitu lebih ramah lingkungan. Oleh karena teknologi pendinginan yang ada sekarang ikut menyumbang terjadinya pemanasan global, para ahli lingkungan menyarankan perlunya mencari alternatif teknologi baru dalam pendinginan yang lebih ramah lingkungan. Salah satu kandidatnya adalah teknologi pendinginan berbasis termoakustik. Untuk mengembangkan pendingin termoakustik perlu mengoptimasi berbagai komponen penyusun alat, salah satunya adalah stack. Penelitian ini merupakan salah satu usaha mengoptimalkan kinerja stack.Dengan mengetahui pengaruh stack terhadap frekuensi resonansi maka akan sangat membantu dalam perancangan stack yang lebih optimal. Hasil penelitian menunjukkan Variasi panjang stack tidak berpengaruh terhadap frekuensi resonansi. Akan tetapi berpengaruh pada amplitudo maksimum pada masing-masing frekuensi resonansi. Semakin panjang stack amplitudo maksimum frekuensi resonansi semakin turun. Sedangkan variasi bahan stack berpengaruh terhadap frekuensi resonansi. Sementara itu, variasi posisi stack tidak berpengaruh terhadap frekuensi resonansi. Akan tetapi berpengaruh terhadap amplitudo maksimum pada masing-masing frekuensi resonansi. Amplitudo maksimum Frekuensi resonansi terendah terjadi di tengah-tengah tabung resonator sedangkan amplitudo frekuensi resonansi terbesar terjadi pada ujung terjauh dari sumber bunyi. Kata kunci: pendingin termoakustik, stack, frekuensi resonansi
Abstrak (Inggris)
Abstrak File tidak ada abstraksi versi PDF
Full Text tidak ada fulltext versi PDF

ABSTRAK PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK INTEGRATIF TEMA MAKANANKU SEHAT DAN BERGIZI KELAS IV SD NEGERI SAMBIROTO KECAMATAN GAJAH KABUPATEN DEMAK

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK INTEGRATIF TEMA MAKANANKU SEHAT DAN BERGIZI KELAS IV SD NEGERI SAMBIROTO KECAMATAN GAJAH KABUPATEN DEMAK

Klasifikasi
Penulis MULYO KURNIAWAN
Pembimbing Drs. Ben Suharno, S.H., M.Si
Abstrak Mulyo Kurniawan, NPM 10120280. “Penggunaan Model Pembelajaran Make A Match terhadap hasil belajar tematik integratif Tema Makananku Sehat dan Bergizi siswa kelas IV SD Negeri Sambiroto Kecamatan Gajah Kabupaten Demak”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. 2014. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran yang terpusat pada guru dan penyampaian pada kegiatan pembelajaran yang masih menggunanakan metode ceramah sedangkan peserta didik cenderung lebih pasif dan belum berperan aktif pada kegiatan belajar mengajar berlangsung sehingga aktivitas belajar peserta didik rendah. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan Model Pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar tematik integratif Tema Makananku Sehat dan Bergizi siswa kelas IV SD Negeri Sambiroto Kecamatan Gajah Kabupaten Demak. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan menggunakan Model Pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar tematik integratif Tema Makananku Sehat dan Bergizi siswa kelas IV SD Negeri Sambiroto Kecamatan Gajah Kabupaten Demak. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IVA dan siswa kelas IVB SD Negeri Sambiroto Kecamatan Gajah Kabupaten Demak. Sampel yang diambil siswa dari kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IVB sebagai kelas kontrol dengan teknik sampling cluster random sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes, observasi serta dokumentasi. Design penelitian ini menggunakan pretest-postes control group design. Berdasarkan data hasil penelitian diperoleh rata-rata kelompok eksperimen ̅ = 80,33 dan rata-rata kelompok kontrol ̅ = 72,8 dengan n1 = 30 n2 = 30 diperoleh thitung = 3,24 Dengan α = 5% dengan dk = 30 + 30 – 2 = 58 diperoleh t(0,975) (58) = 2,02. Karena thitung> ttabel yaitu (3,24 > 2,02) maka H0 ditolak sehingga ada perbedaan ratarata hasil belajar tematik integratif tema makananku sehat dan bergizi siswa kelas IV yang mendapat pembelajaran dengan dengan menggunakan pembelajaran model make a match dengan siswa kelas IV yang mendapat pembelajaran dengan menggunakan model konvensional. Oleh karena itu, dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD N Sambiroto Kecamatan Gajah Kabupaten Demak. Setelah melakukan penelitian ini, peneliti memberikan saran antara lain sebagai berikut : guru sebaiknya dapat mengondisikan dan mengarahkan siswa ketika pelaksanaan pembelajaran dengan metode make a match agar seluruh siswa dapat berperan aktif dalam diskusi ketika mencari pasangan kartu soal dan jawaban dan guru harus merancang program pembelajan dengan baik ketika pelaksanaan pembelajaran dengan metode make a match agar pembelajaran tidak menyita banyak waktu.
Abstrak (Inggris)
Abstrak File tidak ada abstraksi versi PDF
Full Text tidak ada fulltext versi PDF