Senin, 12 Februari 2018

KUNCI USBN Tahun 2017 2018


KISI-KISI PENULISAN SOAL
UJIAN SEKOLAH/MADRASAH BERSTANDAR NASIONAL (US/M BN)
TAHUN PELAJARAN 2017/2018







Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam



Jenjang : SD/MI



Kurikulum : 2006/2013 (Irisan)










No Lingkup Materi Materi Level Kognitif Indikator Soal Bentuk Soal Nomor Soal
1 Makhluk Hidup dan Lingkungannya Hubungan antar makhluk hidup dengan lingkungannya  L1 Peserta didik  dapat memberi contoh hubungan antar makhluk hidup (simbiosis) PG 1
      L2 Peserta didik  dapat menentukan organisme yang dapat menduduki bagian pada rantai makanan yang tidak lengkap PG 2
      L3 Disajikan ilustrasi, peserta didik  dapat memprediksi perubahan yang terjadi pada ekosistem tertentu bila salah satu komponen dalam rantai makanan punah atau berkembang dengan pesat PG 3
    Penyesuaian diri makhluk hidup  L1 Peserta didik  dapat menentukan cara adaptasi pada  hewan/tumbuhan tertentu PG 4
      L2 Disajikan 2 contoh tumbuhan/hewan dengan karakteristik yang berbeda, peserta didik  dapat membandingkan kedua tumbuhan/hewan tersebut (misal: biji, pertulangan daun, cara perkembangbiakannya, alat gerak, dll) UT 43
    Pelestarian Lingkungan  L1 Peserta didik  dapat menjelaskan tujuan melestarikan hewan/ tumbuhan  PG 5
    Upaya manusia dalam pelestarian lingkungan  L3 Disajikan ilustrasi tentang upaya kegiatan manusia dalam melestarikan tumbuhan/hewan, peserta didik  dapat memprediksi kemungkinan yang akan terjadi PG 6
2 Struktur dan Fungsi Makhluk Hidup Bagian tubuh tumbuhan/hewan dan fungsinya L1 Peserta didik dapat menjelaskan fungsi bagian tubuh tumbuhan/ hewan tertentu bagi kehidupan manusia PG 7
    Daur hidup hewan L1 Disajikan gambar/diagram  daur hidup hewan tertentu, peserta didik dapat mengidentifikasi hewan lain yang mengalami daur hidup yang sama  PG 8
      L2 Disajikan ilustrasi, peserta didik dapat menentukan salah satu tahapan daur hidup hewan tertentu yang merugikan atau menguntungkan manusia PG 9
    Alat gerak dan fungsinya L1 Peserta didik dapat menyebutkan alat gerak /fungsinya pada hewan tertentu PG 10
    Mekanisme sistem gerak L2 Disajikan gambar persendian, peserta didik dapat menentukan jenis sendi/arah geraknya.  PG 11
    Sistem pernapasan pada manusia/hewan L1 Disajikan gambar sistem pernapasan manusia/hewan, peserta didik dapat mengidentifikasi fungsi bagian yang ditunjuk PG 12
    Sistem pencernaan pada manusia L1 Disajikan gambar sistem pencernaan makanan, peserta didik dapat mengidentifikasi fungsi bagian yang ditunjuk PG 13
    Sistem peredaran darah pada manusia L1 Peserta didik dapat mengidentifikasi aliran darah pada peredaran darah besar/kecil. PG 14
    Mekanisme sistem organ (pernapasan, pencernaan, dan peredaran darah) L2 Peserta didik dapat menjelaskan sistem pernapasan/pencernaan/peredarah darah pada manusia. PG 15
    Hubungan antara sistem organ dan gangguan yang ditimbulkan L3 Peserta didik dapat menganalisis hubungan antara sistem organ pernapasan/pencernaan makanan/peredaran darah manusia dan gangguan yang ditimbulkan UT 44
    Percobaan pada sistem organ L3 Disajikan data-data hasil pengamatan/gambar suatu percobaan tentang sistem organ pernapasan/pencernaan makanan/peredaran darah , peserta didik dapat menyimpulkan hasil percobaan.  UT 45
    Pemeliharaan kesehatan organ L1 Peserta didik dapat menjelaskan cara memelihara kesehatan organ pernapasan/pencernaan makanan/peredarahan darah PG 16
      L2 Peserta didik dapat membandingkan kondisi kesehatan organ pernapasan/pencernaan makanan/peredaran darah dari dua orang yang menjalankan pola hidup sehat dan tidak sehat PG 17
    Perkembangbiakan makhluk hidup L1 Peserta didik dapat mengidentifikasi cara perkembangbiakan tumbuhan/hewan. PG 18
    Perkembangan dan pertumbuhan manusia L1 Peserta didik dapat mengidentifikasi ciri-ciri fisik tiap tahap perkembangan manusia. PG 19
    Hubungan antara daur hidup/perkembangbiakan dengan pelestarian makhluk hidup L3 Disajikan ilustrasi, peserta didik dapat menganalisis hubungan antara daur hidup/perkembangbiakandengan pelestarian makhluk hidup UT 46
3 Benda dan Sifatnya Sifat Benda L 1 Peserta didik dapat mengidentifikas sifat benda yang tersaji pada gambar PG 20
      L 2 Peserta didik dapat menjelaskan pemanfaatan sifat benda untuk kegiatan manusia PG 21
    Perubahan Wujud Benda L 1 Peserta didik dapat memberi contoh perubahan wujud benda PG 22
      L 2 Peserta didik dapat menjelaskan pemanfaatan perubahan wujud benda untuk kegiatan manusia PG 23
      L 3 Disajikan gambar atau ilustrasi percobaan perubahan wujud benda, peserta didik dapat menyimpulkan hasil percobaan UT 47
4 Energi dan Perubahannya Gaya dan Gerak  L.1 Peserta didik dapat mengidentifikasi gaya dapat mengubah gerak/bentuk suatu benda  melalui sajian gambar PG 24
      L 2 Peserta didik dapat menentukan jenis psesawat sederhana yang sesuai dengan kegiatan melalui  sajian gambar/ilustrasi PG 25
      L 3 Peserta didik dapat  Menentukan besar kuasa/beban pada permainan  jungkat jungkit dengan sajian ilistrasi dengan data yang lengkap UT 48
    Perubahan Energi L 1 Peserta didik dapat  mengidentifikasi bentuk-bentuk energi yang terjadi berdasarkan sajian Ilistrasi PG 26
      L 2 Peserta didik dapat mengelompokkan alat-alat rumah tangga berdasarkan perubahan energi yang terjadi  PG 27
      L 3 Peserta didik dapat memberi contoh perilaku hemat energi yang dapat diterapkan pada rumah tangga  UT 49
    Suhu dan kalor L 1 Peserta didik dapat menentukan benda-benda yang termasuk isolator/konduktor panas melalui sajian gambar  PG 28
      L 2 Peserta didik dapat menunjukkan bagian alat rumah tangga yang berfungsi sebagai konduktor/isolator berdasarkan gambar  PG 29
      L 3 Peserta didik dapat memberi contoh penerapan konsep  pemuaian/penyusutan dalam kehidupan sehari hari UT 50
    Bunyi dan Cahaya  L 1 Peserta didik dapat menyebutkan benda-benda yang dapat menyerap bunyi untuk mencegah gaung  PG 30
      L 2 Peserta didik dapat menentukan arah bayangan benda jika posisi sumber cahaya diubah berdasarkan gambar  PG 31
      L 3 Peserta didik dapat menjelaskan sifat-sifat cahaya bedasarkan sajian gambar percobaan PG 32
    Listrik dan Magnet  L 1 Disajikan gambar  magnet buatan, peserta didik dapat menentukan jenis magnet  buatan  PG 33
      L 2 Peserta didik dapat menjelaskan fungsi komponen-komponen listrik yang digunakan di rumah tangga  PG 34
      L 3 Disajikan gambar rangkaian listrik, peserta didik dapat menentukan lampu yang menyala/mati jika salah satu saklar diputus/ disambung  PG 35
5 Bumi dan Alam Semesta Sumber Daya Alam L 1 Peserta didik dapat menjelaskan manfaat salah satu jenis sumber daya alam berdasarkan gambar PG 36
      L 2 Disajikan ilustrasi kegiatan, peserta didik dapat menentukan sumber daya alam yang dapat diperbaharui atau tidak dapat diperbaharui yang digunakan pada kegiatan tersebut PG 37
      L 3 Disajikan gambar atau ilustrasi kegiatan tentang pengambilan bahan alam, peserta didik dapat memprediksi dampak kegiatan tersebut terhadap pelestarian lingkungan PG 38
    Daur Air L 1 Peserta didik dapat menjelaskan proses yang terjadi pada salah satu tahap daur air PG 39
      L 2 Peserta didik dapat menentukan tahapan daur air berdasarkan gambar PG 40
      L 3 Peserta didik dapat memprediksi dampak kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi daur air UT 51
    Sistem Tata Surya L 1 Peserta didik dapat mengidentifikasi gambar terjadinya gerhana matahari/bulan PG 41
      L 2 Peserta didik dapat membandingkan planet berdasarkan ciri-cirinya PG 42