KISI-KISI PENULISAN SOAL | ||||||
UJIAN SEKOLAH/MADRASAH BERSTANDAR NASIONAL (US/M BN) | ||||||
TAHUN PELAJARAN 2017/2018 | ||||||
Mata Pelajaran | : Ilmu Pengetahuan Alam | |||||
Jenjang | : SD/MI | |||||
Kurikulum | : 2006/2013 (Irisan) | |||||
No | Lingkup Materi | Materi | Level Kognitif | Indikator Soal | Bentuk Soal | Nomor Soal |
1 | Makhluk Hidup dan Lingkungannya | Hubungan antar makhluk hidup dengan lingkungannya | L1 | Peserta didik dapat memberi contoh hubungan antar makhluk hidup (simbiosis) | PG | 1 |
L2 | Peserta didik dapat menentukan organisme yang dapat menduduki bagian pada rantai makanan yang tidak lengkap | PG | 2 | |||
L3 | Disajikan ilustrasi, peserta didik dapat memprediksi perubahan yang terjadi pada ekosistem tertentu bila salah satu komponen dalam rantai makanan punah atau berkembang dengan pesat | PG | 3 | |||
Penyesuaian diri makhluk hidup | L1 | Peserta didik dapat menentukan cara adaptasi pada hewan/tumbuhan tertentu | PG | 4 | ||
L2 | Disajikan 2 contoh tumbuhan/hewan dengan karakteristik yang berbeda, peserta didik dapat membandingkan kedua tumbuhan/hewan tersebut (misal: biji, pertulangan daun, cara perkembangbiakannya, alat gerak, dll) | UT | 43 | |||
Pelestarian Lingkungan | L1 | Peserta didik dapat menjelaskan tujuan melestarikan hewan/ tumbuhan | PG | 5 | ||
Upaya manusia dalam pelestarian lingkungan | L3 | Disajikan ilustrasi tentang upaya kegiatan manusia dalam melestarikan tumbuhan/hewan, peserta didik dapat memprediksi kemungkinan yang akan terjadi | PG | 6 | ||
2 | Struktur dan Fungsi Makhluk Hidup | Bagian tubuh tumbuhan/hewan dan fungsinya | L1 | Peserta didik dapat menjelaskan fungsi bagian tubuh tumbuhan/ hewan tertentu bagi kehidupan manusia | PG | 7 |
Daur hidup hewan | L1 | Disajikan gambar/diagram daur hidup hewan tertentu, peserta didik dapat mengidentifikasi hewan lain yang mengalami daur hidup yang sama | PG | 8 | ||
L2 | Disajikan ilustrasi, peserta didik dapat menentukan salah satu tahapan daur hidup hewan tertentu yang merugikan atau menguntungkan manusia | PG | 9 | |||
Alat gerak dan fungsinya | L1 | Peserta didik dapat menyebutkan alat gerak /fungsinya pada hewan tertentu | PG | 10 | ||
Mekanisme sistem gerak | L2 | Disajikan gambar persendian, peserta didik dapat menentukan jenis sendi/arah geraknya. | PG | 11 | ||
Sistem pernapasan pada manusia/hewan | L1 | Disajikan gambar sistem pernapasan manusia/hewan, peserta didik dapat mengidentifikasi fungsi bagian yang ditunjuk | PG | 12 | ||
Sistem pencernaan pada manusia | L1 | Disajikan gambar sistem pencernaan makanan, peserta didik dapat mengidentifikasi fungsi bagian yang ditunjuk | PG | 13 | ||
Sistem peredaran darah pada manusia | L1 | Peserta didik dapat mengidentifikasi aliran darah pada peredaran darah besar/kecil. | PG | 14 | ||
Mekanisme sistem organ (pernapasan, pencernaan, dan peredaran darah) | L2 | Peserta didik dapat menjelaskan sistem pernapasan/pencernaan/peredarah darah pada manusia. | PG | 15 | ||
Hubungan antara sistem organ dan gangguan yang ditimbulkan | L3 | Peserta didik dapat menganalisis hubungan antara sistem organ pernapasan/pencernaan makanan/peredaran darah manusia dan gangguan yang ditimbulkan | UT | 44 | ||
Percobaan pada sistem organ | L3 | Disajikan data-data hasil pengamatan/gambar suatu percobaan tentang sistem organ pernapasan/pencernaan makanan/peredaran darah , peserta didik dapat menyimpulkan hasil percobaan. | UT | 45 | ||
Pemeliharaan kesehatan organ | L1 | Peserta didik dapat menjelaskan cara memelihara kesehatan organ pernapasan/pencernaan makanan/peredarahan darah | PG | 16 | ||
L2 | Peserta didik dapat membandingkan kondisi kesehatan organ pernapasan/pencernaan makanan/peredaran darah dari dua orang yang menjalankan pola hidup sehat dan tidak sehat | PG | 17 | |||
Perkembangbiakan makhluk hidup | L1 | Peserta didik dapat mengidentifikasi cara perkembangbiakan tumbuhan/hewan. | PG | 18 | ||
Perkembangan dan pertumbuhan manusia | L1 | Peserta didik dapat mengidentifikasi ciri-ciri fisik tiap tahap perkembangan manusia. | PG | 19 | ||
Hubungan antara daur hidup/perkembangbiakan dengan pelestarian makhluk hidup | L3 | Disajikan ilustrasi, peserta didik dapat menganalisis hubungan antara daur hidup/perkembangbiakandengan pelestarian makhluk hidup | UT | 46 | ||
3 | Benda dan Sifatnya | Sifat Benda | L 1 | Peserta didik dapat mengidentifikas sifat benda yang tersaji pada gambar | PG | 20 |
L 2 | Peserta didik dapat menjelaskan pemanfaatan sifat benda untuk kegiatan manusia | PG | 21 | |||
Perubahan Wujud Benda | L 1 | Peserta didik dapat memberi contoh perubahan wujud benda | PG | 22 | ||
L 2 | Peserta didik dapat menjelaskan pemanfaatan perubahan wujud benda untuk kegiatan manusia | PG | 23 | |||
L 3 | Disajikan gambar atau ilustrasi percobaan perubahan wujud benda, peserta didik dapat menyimpulkan hasil percobaan | UT | 47 | |||
4 | Energi dan Perubahannya | Gaya dan Gerak | L.1 | Peserta didik dapat mengidentifikasi gaya dapat mengubah gerak/bentuk suatu benda melalui sajian gambar | PG | 24 |
L 2 | Peserta didik dapat menentukan jenis psesawat sederhana yang sesuai dengan kegiatan melalui sajian gambar/ilustrasi | PG | 25 | |||
L 3 | Peserta didik dapat Menentukan besar kuasa/beban pada permainan jungkat jungkit dengan sajian ilistrasi dengan data yang lengkap | UT | 48 | |||
Perubahan Energi | L 1 | Peserta didik dapat mengidentifikasi bentuk-bentuk energi yang terjadi berdasarkan sajian Ilistrasi | PG | 26 | ||
L 2 | Peserta didik dapat mengelompokkan alat-alat rumah tangga berdasarkan perubahan energi yang terjadi | PG | 27 | |||
L 3 | Peserta didik dapat memberi contoh perilaku hemat energi yang dapat diterapkan pada rumah tangga | UT | 49 | |||
Suhu dan kalor | L 1 | Peserta didik dapat menentukan benda-benda yang termasuk isolator/konduktor panas melalui sajian gambar | PG | 28 | ||
L 2 | Peserta didik dapat menunjukkan bagian alat rumah tangga yang berfungsi sebagai konduktor/isolator berdasarkan gambar | PG | 29 | |||
L 3 | Peserta didik dapat memberi contoh penerapan konsep pemuaian/penyusutan dalam kehidupan sehari hari | UT | 50 | |||
Bunyi dan Cahaya | L 1 | Peserta didik dapat menyebutkan benda-benda yang dapat menyerap bunyi untuk mencegah gaung | PG | 30 | ||
L 2 | Peserta didik dapat menentukan arah bayangan benda jika posisi sumber cahaya diubah berdasarkan gambar | PG | 31 | |||
L 3 | Peserta didik dapat menjelaskan sifat-sifat cahaya bedasarkan sajian gambar percobaan | PG | 32 | |||
Listrik dan Magnet | L 1 | Disajikan gambar magnet buatan, peserta didik dapat menentukan jenis magnet buatan | PG | 33 | ||
L 2 | Peserta didik dapat menjelaskan fungsi komponen-komponen listrik yang digunakan di rumah tangga | PG | 34 | |||
L 3 | Disajikan gambar rangkaian listrik, peserta didik dapat menentukan lampu yang menyala/mati jika salah satu saklar diputus/ disambung | PG | 35 | |||
5 | Bumi dan Alam Semesta | Sumber Daya Alam | L 1 | Peserta didik dapat menjelaskan manfaat salah satu jenis sumber daya alam berdasarkan gambar | PG | 36 |
L 2 | Disajikan ilustrasi kegiatan, peserta didik dapat menentukan sumber daya alam yang dapat diperbaharui atau tidak dapat diperbaharui yang digunakan pada kegiatan tersebut | PG | 37 | |||
L 3 | Disajikan gambar atau ilustrasi kegiatan tentang pengambilan bahan alam, peserta didik dapat memprediksi dampak kegiatan tersebut terhadap pelestarian lingkungan | PG | 38 | |||
Daur Air | L 1 | Peserta didik dapat menjelaskan proses yang terjadi pada salah satu tahap daur air | PG | 39 | ||
L 2 | Peserta didik dapat menentukan tahapan daur air berdasarkan gambar | PG | 40 | |||
L 3 | Peserta didik dapat memprediksi dampak kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi daur air | UT | 51 | |||
Sistem Tata Surya | L 1 | Peserta didik dapat mengidentifikasi gambar terjadinya gerhana matahari/bulan | PG | 41 | ||
L 2 | Peserta didik dapat membandingkan planet berdasarkan ciri-cirinya | PG | 42 |
Alamat Jl. Gedangalas-Wilalung KM. 3 Desa Sambiroto Kecamatan Gajah Kabupaten Demak